Iklan

Iklan

,

3 Gajah Sumatera Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih di Pekanbaru

Admin
8/17/23, Agustus 17, 2023 WIB Last Updated 2023-08-17T09:37:02Z

PEKANBARUINFO.COM-Tiga ekor gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus dan pawang ikut mengibarkan bendera Merah Putih di Pekanbaru. Ketiganya pun sukses membuat sang Merah Putih berkibar.

Saat pelaksanaan upacara pagi tadi, ketiga gajah terlihat dilibatkan langsung di Kantor Balai BKSDA Riau. Ketiga gajah didampingi pawang itu menuju barisan untuk ambil posisi upacara.

Pelan-pelan, gajah menuju tiang bendera dengan panduan petugas. Saat tiba waktu pengibaran bendera, satu dari tiga ekor gajah ambil tugas penting untuk menarik tali bendera diiringi lagu Indonesia Raya.

Kepala Bidang Teknis KSDA Riau, Hartono menyebut pengibaran bendera merah putih dengan melibatkan gajah Sumatera ini dilakukan sebagai sarana edukasi. Ketiganya adalah gajah yang biasa dilibatkan petugas dalam penanganan konflik.

Sebelum diikutkan pengibaran bendera, tiga ekor gajah tersebut terlebih dahulu dilatih untuk melaksanakan upacara kemerdekaan Republik Indonesia.

"Proses pelatihan gajah tersebut tidak terlalu lama, hanya butuh waktu setengah hari," ungkap Hartono.

Ide itu jelas Hartono, didapat pada hari Senin kemarin dan selanjutnya gajah Vera, Bankin dan Indah dilatih melakukan pengibaran bendera.

Pemasangan bendera sendiri dilakukan tiga petugas BKSDA Riau, selanjutnya gajah Vera menarik tali agar bendera naik seiring lagu Indonesia Raya berkumandang.***

Iklan

iklan