Iklan

Iklan

,

32 Gepeng Ditangkap Dinsos Pekanbaru, Kebanyakan Warga Sail

Admin
4/05/22, April 05, 2022 WIB Last Updated 2022-04-05T14:00:00Z

PEKANBARUINFO.COM-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru menangkap 32 warga peminta-minta di sepanjang Jalan Diponegoro dan Gajah Mada. Kebanyakan mereka merupakan warga Kecamatan Sail.

"32 orang pernah kita amankan. Semuanya orang Pekanbaru, sebagian besar warga Sail. Mereka tercatat penerima Program Keluarga Harapan (PKH)," kata Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus, Selasa (5/4/2022).

Setelah ditangkap, mereka diberikan pembinaan dan dipulangkan. Ia juga mengimbau para dermawan agar bersedekah pada tempatnya. Kebiasaan orang bersedekah di jalanan membuat para gepeng menjamur.

"Jangan biasakan memberi kepada mereka. Bersedekah jangan di jalan lihat tetangga di sekeliling kita dulu," jelasnya.

Ia juga mengungkap, peminta-minta di jalanan itu tidak semua orang susah atau miskin. Ia menyebut, Anak-anak di persimpangan Gramedia, Jalan Sudirman dibekali smartphone oleh orangtua mereka.

"Saya dapat informasi di depan Gramedia diturunkan anaknya. Semua punya android. Yang seperti ini pura-pura miskin," jelasnya.

Kata dia, Dinsos kini meningkatkan pengawasan sekaligus penertiban terhadap aktivitas pengemis di kawasan Jalan Diponegoro. Sebab, para pengemis yang biasanya hanya meminta-minta dan menunggu sumbangan warga pada setiap Hari Jumat, selama Ramadaan ini malah ramai memadati jalan tersebut, terutama di sore jelang berbuka.
 
"Itu kan dulu diawali oleh adanya kegiatan Jumat Berkah, banyak orang-orang kaya melintas di sana dan membagikan bantuan," kata Idrus.***



Sumber : cakaplah.com

Iklan

iklan