Iklan

Iklan

,

8.133 Peserta Lulus PPDB SMP Negeri di Pekanbaru, Calon Siswa Sudah Bisa Daftar Ulang

Admin
7/07/22, Juli 07, 2022 WIB Last Updated 2022-07-07T16:00:00Z

PEKANBARUINFO.COM-Sebanyak 8.133 calon siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Pekanbaru dinyatakan lulus seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 yang diselenggarakan secara online.

Informasi ini disampaikan Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Muzailis kepada CAKAPLAH.COM melalui sambungan seluler, Kamis (7/7/2022). Ia mengatakan untuk tahun ini kuota atau daya tampung SMP Negeri Pekanbaru jumlahnya 9.079 orang.

"Untuk daya tampung di SMP Negeri itu jumlahnya 9.079 orang. Yang mendaftar dan persyaratannya cukup sebanyak 9.619 orang. kemudian dari jumlah tersebut yang diterima dan memnuhi syarat sebanyak 8.133 calon siswa," ujar Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Muzailis, Kamis (7/7/2022).

Ia mengatakan untuk tahun ini PPDB SMP Online dibuka melalui 4 jalur yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan orang tua, dan juga prestasi. Dari jumlah tersebut, yang over kuota adalah jalur zonasi. Namun untuk 3 jalur lainnya masih belum memenuhi kuota yang telah disediakan.

"Memang ada yang tidak terpenuhi. Karena kadang-kadang pendaftar tidak mencukupi. Ada beberapa jalur di sekolah tertentu, itu kadang tidak mencukupi pendaftarnya. Itu biasanya sekolah yang berada di pinggiran," sebutnya.

Untuk kuota yang masing kosong ini, lanjut Muzailis, pihaknya masih akan meminta izin ke walikota, diusulkan dulu permohonan izin untuk mengisi kekosongan itu. Kalau memang mendapat izin, pihaknya akan segera mengisi kekosongan itu.

"Jadi kekurangan kuota yang di jalur lain, itu diisi dari yang zonasi. Karena kebanykan memang dari jalur zonasi memang berlebih. Melebihi kuota. Namun di sekolah tertentu yang pendaftarnya kurang, itu tak bisa ditutupi dari jalur zonasi karena tidak banyak yang mendaftar zonasi. Ada sekolah tertentu seperti itu, seperti sekolah pinggiran. Jadi itu yang kita isi nanti dengan warga atau masyarakat yang belum terakomodir, itupun harus persetujuan kepala daerah," Cakapnya.

Untuk usulan kepada Kepala Daerah, pihaknya akan segera melakukannya. "Sekarang kan masih daftar ulang, nanti jika sudah selesai daftar ulang dan kita sudah dapat laporan dari sekolah, akan segera kita usulkan kepada Pj Walikota," ucapnya.

"Untuk daftar ulang sudah dimulai hari ini hingga esok," imbuhnya.***






Sumber : cakaplah.com 

Iklan

iklan