Iklan

Iklan

,

Prakerja Gelombang 17 Ditutup Besok, Ketahui 6 Hal Ini supaya Lolos

Admin
6/06/21, Juni 06, 2021 WIB Last Updated 2021-06-06T14:13:48Z

PEKANBARUINFO.COM-Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 17 telah dibuka sejak Sabtu (5/6/2021) siang. Pembukaan Prakerja gelombang kali ini tidak berlangsung lama, melainkan hanya selama tiga hari. Berdasarkan informasi di dashboard Prakerja, pendaftaran gelombang ke-17 akan ditutup besok, Senin (7/6/2021). 

Berikut 6 hal yang wajib diketahui agar lolos Kartu Prakerja gelombang 17:  

1. Pendaftaran online di www.prakerja.go.id 
Pendaftaran program Kartu Prakerja selalu dilakukan secara online. Laman yang dapat diakses masyarakat untuk mengikuti seleksi yaitu https://www.prakerja.go.id.  

Masyarakat diimbau untuk tak mempercayai sejumlah link yang mengatasnamakan Prakerja. Laman resmi Prakerja hanya prakerja.go.id. 

2. Buat akun Prakerja dan klik "Gabung" 
Untuk dapat bergabung pada Prakerja gelombang 17, pelamar wajib memiliki akun Prakerja. Buka laman Prakerja di prakerja.go.id, 

Klik "Buat Akun". Selesaikan sejumlah tes yang ada. Setelah itu, calon peserta dapat langsung memencet tombol "Gabung" pada dashboard akun masing-masing. Nantinya akan muncul konfirmasi apakah peserta yakin bergabung di program Prakerja.  Pendaftar diharuskan klik 'Saya menyetujui' untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. 

3. Tersedia 44.000 kuota 
Kuota yang dialokasikan untuk gelombang 17 berasal dari kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16. Untuk diketahui, peserta lolos yang tidak melakukan pembelian pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, otomatis akan dicabut kepesertaannya. Kuota pada gelombang 17 diperkirakan sebanyak 44.000 orang.  

4. Syarat menjadi peserta 
Terdapat beberapa syarat yang ditetapkan untuk para peserta, seperti: WNI berusia 18 tahun ke atas Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru maupun terkena PHK). Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja Wirausaha Tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, maupun BPUM. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/DPRD, dan lainnya Untuk diketahui, penerima Kartu Prakerja 2020 tidak bisa mendaftarkan diri lagi. 

5. Cara daftar gelombang 17 Terdapat beberapa tahapan dalam melakukan pendaftaran, yaitu: Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, masuk ke dashboard Pada bagian verifikasi KTP, isikan NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik 'Berikutnya', serta lengkapi data diri dan unggah foto KTP sesuai ketentuan Setelah itu verifikasi nomor telepon, klik 'Kirim'. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon, lalu klik 'Verifikasi' Selanjutnya, isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Isi hingga selesai, lalu klik 'Oke'. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, dengan mengklik 'Mulai Tes Sekarang'. Jika tes telah diseleksaikan, hasilnya akan dievaluasi. Setelah itu, ikuti seleksi gelombang yang diinginkan, disesuaikan dengan domisili, lalu klik 'Gabung' sehingga muncul konfirmasi pilihan gelombang. Jika telah selesai, klik 'Ya, Gabung' Akan muncul 'Persetujuan Prakerja' yang berisi beberapa pertanyaan. Pendaftar diharuskan klik 'Saya menyetujui' untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. 

6. Tahapan hingga mendapat insentif Prakerja 
Berikut tahapan program yang harus dilalui peserta Kartu Prakerja: 

- Pendaftaran 
Peserta dapat masuk ke situs prakerja.go.id. Selanjutnya, membuat akun dengan data diri masing-masing. 

- Seleksi 
Setelah itu, peserta dapat mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk dapat bergabung ke gelombang pendaftaran. Peserta dapat menunggu pengumuman hasilnya. 

- Pelatihan 
Jika lolos, peserta dapat memilih pelatihan di mitra platform digital resmi. Pelatihan ini dapat dibayar dengan Kartu Prakerja yang telah terisi saldo. 

- Mengikuti pelatihan 
Setelah memilih pelatihan, peserta diminta menyelesaikannya hingga mendapatkan sertifikat elektronik. 

- Memberi ulasan dan rating. 
Kemudian, peserta dapat memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang diikuti. 
- Insentif 
Setelah pelatihan diselesaikan, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan, selama empat bulan atau dengan total Rp 2,4 juta. 
- Insentif pasca survei kebekerjaan 
Peserta mengisi tiga survei yang diberikan pasca pelatihan. Masing-masing survei akan diberikan insentif sebesar Rp 50.000 atau dengan total Rp 150.000.***



Sumber : kompas.com

Iklan

iklan