Iklan

Iklan

,

Terdengar Ledakan Puluhan Kali, Bangunan dan Pertamini di Jalan Cipta Karya Pekanbaru Terbakar

Admin
4/02/24, April 02, 2024 WIB Last Updated 2024-04-01T17:13:46Z

PEKANBARUINFO.COM-Sebuah kios pertamini yang menjual jenis bahan bakar minyak (BBM) eceran menggunakan nozzle (pipa semprot) dan toko bangunan di Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, ludes terbakar, Senin (1/4/2024) malam.

Komandan Regu Pleton Pemadam Kebakaran, Wendra Erwiyansyah mengatakan, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 18.25 WIB. Adapun penyebab kebakaran, kata dia, belum diketahui pasti, namun berdasarkan keterangan diduga api berasal dari anak-anak yang tengah bermain lilin kemudian api menyambar kios pertamini tersebut.

“Ada pertamini juga yang terbakar. Untuk luas yang terbakar yaitu 25 x 15 m2,” ujar Fahriansyah.

Saat ini, pihaknya juga telah berhasil memadamkan api di lokasi kejadian, setelah dipadamkan, petugas juga melakukan pendinginan agar api tidak muncul kembali.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp400 juta. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian,” pungkasnya.

"Ya, sekitar selang 20 menit, api berhasil dijinakkan oleh tim pemadam kebakaran. Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai hingga ratusan juta rupiah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam proses pemadaman, pihaknya menerjunkan 5 unit mobil pemadam dan satu di antaranya rescue. "Api berhasil kami padamkan, saat ini tengah proses pendinginan," pungkasnya.

Sandi, salah seorang warga sekitar mengatakan, pada saat itu dirinya melihat banyak orang yang lagi berteduh di kedai harian, kemudian tiba-tiba ada petir yang menyambar kios pertamini tersebut.

"Saat hujan itu ada yang bermain handphone, sebelumnya anak pemilik kedai sudah bilang ke bapaknya kalau ada yang main hape, pas itulah tiba-tiba ada petir yang menyambar ke kedai warna putih langsung Bang. Minyaknya berceceran langsung ke jalan, hingga terjadi kebakaran dan membuat listrik yang berada di lokasi tersebut padam. Sempat terdengar suara ledakan hingga 10 kali berasal dari toko bangunan, karena di sampingnya terdapat toko bangunan banyak barang yang mudah terbakar," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, warga langsung menelepon pemadam kebakaran sambil warga sekitar juga berusaha membantu pemadaman.

"Kejadian pada saat berbuka puasa. Api awalnya berasal dari pertamini kemudian merembes hingga ke toko bangunan yang berada di sampingnya," pungkasnya.

Iklan

iklan