Iklan

Iklan

,

Nunggu Terlalu Lama, Penumpang TMP Beralih Naik Bus Biasa

Admin
2/05/24, Februari 05, 2024 WIB Last Updated 2024-02-05T15:10:58Z

PEKANBARUINFO.COM-Penumpang Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) mengeluhkan lamanya waktu tunggu keberangkatan. Lebih dari satu jam menunggu, namun bus untuk trayek ke Panam tak kunjung datang.

Akibatnya, sejumlah penumpang bus TMP yang sudah menunggu di halte memilih pindah ke bus angkutan biasa. Mereka rela berdesak-desakan agar bisa cepat pulang ke rumah mereka.

Hal itu dirasakan oleh Heni, salah seorang warga Pekanbaru yang tinggal di Simpang Panam. Ia mengaku, akan pulang ke rumah Simpang Empat Panam dari pusat kota menggunakan Bus TMP.

Namun, sudah lebih dari satu jam menunggu, jenis Bus TMP yang akan Ia tumpangi tak kunjung datang. Dirinya berharap agar bus TMP segera datang sehingga bisa pulang.

"Tadi naik dari Halte Kaca Mayang (RTH Putri Kaca Mayang), seberang kantor walikota lama jam 5 sore. Hampir satu jam nunggu bus di halte transit depan RS Awal Bros Sudirman, tapi busnya tak juga datang," ujar Heni, kepada CAKAPLAH.com, Senin (05/02/2024).

Karena lama menunggu dan Bus TMP Trayek Panam tak kunjung datang, akhirnya Heni dan sebagian penumpang memilih untuk naik bus angkutan biasa trayek Pasar Pusat - Panam.

"Karena lama nunggu, akhirnya kami naik bus biasa yang angkutannya dari Pasar Pusat sampai Panam. Kalau naik bus biasa ini ya desak-desakan lah lagi. Padat dan sempit," ucapnya.

Sebenarnya kata Heni, menggunakan bus angkutan biasa lebih cepat sampai dibanding TMP. Hanya saja, penumpang bus tersebut lebih padat dan berdesak-desakan.

"Biasanya lebih cepat pakai bus biasa. Tapi bus biasa sesak dan panas. Kalau dengan TMP kan dingin, bersih plus tiket murah seribu. Bus biasa Rp5 ribu, bus TMP Rp4 ribu, tapi itu tadi penumpang nunggu lama," sebutnya.

Menanggapi kondisi itu, Kepala UPT Bus TMP Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Sarwono mengatakan, bahwa lama waktu tunggu bus TMP biasanya paling lama 20 menit. Menurutnya, mungkin saja kejadian itu kebetulan sedang dalam kondisi macet.

"Kita standarnya kan sekitar 20 menit, mungkin sore tadi itu yang pertama macet. Kedua ada beberapa yang kita perbaiki, itu wajar karena memang bus kita tidak semuanya dalam kondisi baik. Karena umurnya juga sudah tua. Maklum lah sudah 9 tahun dari tahun 2015," ujar Sarwono.

Dikatakannya, Bus TMP yang beroperasi saat ini ada 38 bus. Melayani rute Ramayana-Pandau, MPP-Bandara, BRPS-Kulim, RS Awal Bros-UIN, Ramayana-Pasar Tangor, BRPS-Ramayana, Walikota Sudirman-Walikota Tenayan Raya, Kantor Walikota-Stadion Rumbai.

Khusus pusat kota ke Panam sebut Sarwono, tersedia 6 bus TMP berukuran besar. Sementara untuk waktu tunggunya sekitar 10 menit.***






Sumber : cakaplah.com

Iklan

iklan