Iklan

Iklan

,

Usung Tema 'Riau Bersatu' Logo HUT ke 66 Riau Tahun 2023 Resmi Dirilis, Ini Maknanya

Admin
7/07/23, Juli 07, 2023 WIB Last Updated 2023-07-07T09:19:25Z

PEKANBARUINFO.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusung tema "Riau Bersatu" dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-66 Provinsi Riau tahun 2023. Provinsi Riau akan menggelar puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke 66 pada 9 Agustus 2023 mendatang. Segala rangkaian acara telah di persiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk meriahkan hari jadi tersebut.

HUT Provinsi Riau tahun ini memiliki logo dengan berbentuk Tanjak yang warna dasarnya merah, kuning, hijau, dan biru. Yang memiliki arti merah melambangkan keberanian, kuning menandakan kejayaan, hijau melambangkan kesejahteraan dan biru melambangkan unggul.

Ketua Panitia HUT Ke-66 Provinsi Riau, M Job Kurniawan mengatakan, jika pihaknya telah melakukan sayembara logo HUT Ke-66 Riau. 

“ Kita tahun ini telah mempunyai logo HUT ke 66 Riau yaitu berbentuk Tanjak ya. Dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru. Setiap warna ini tentunya memiliki arti merah melambangkan keberanian, kuning melambangkan kejayaan martabat dan marwah, hijau melambangkan kesuburan dan kesejahteraa, dan untuk warna biru melambangkan unggul dan cerdas,” Jelas Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan di Ruang Rapat Melati, Pekanbaru, Kamis (06/07/2023).

Disampaikan M Job, logo hari jadi ke 66 tahun Provinsi Riau memiliki tagline "Riau Bersatu" dengan susunan warna hitam. Di mana warna hitam itu melambangkan ketangkasan dan kekokohan.

“Pada tulisan bertagline 'Riau Bersatu' itu warnanya hitam, yang memiliki makna melambangkan ketangkasan dan kokoh,” ungkap  Asisten II M Job Kurniawan yang juga selaku ketua dari HUT ke 66 Provinsi Riau. 

Dijelaskan, logo HUT Riau memberikan makna semangat bersama masyarakat Riau untuk mewujudkan Riau Bersatu yakni berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat, dan Unggul. Di mana, masyarakat Riau harus kreatif dan mempunyai inovatif dalam mengembangkan sumber daya manusia serta sumber daya alam.

“Dengan begitu arti dari logo ini dimana masyarakat Riau harus kreatif dan inovatif dalam mengembangan kualitas SDM dan SDA agar geliat ekonomi Riau terus tumbuh dan meningkat yang akan bermuara pada kesejahteraan yang berkelanjutan. Dan enjunjung tinggi nilai norma dan adat istiadat juga merupakan upaya mewujudkan Riau yang bermartabat,” jelasnya.

Sebagai informasi, logo itu merupakan hasil seleksi oleh Pemprov Riau melalui Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau. Di mana telah diadakan sayembara dari puluhan designer lokal, 11 desain terbaik menjadi nominasinya. Dan terpiliah satu desain dari Novelia Shafyra untuk menjadi logo HUT ke 66 Provinsi Riau.

Dikutip dari postingan akun Instagram @Biroadpim.riau, menerangkan pemilihan logo ini dinilai langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zein, dan tiga juri profesional. Selain itu, makna logo HUT ke 66 Riau dalam keterangannya simbol yang mengarah keatas merupakan sebagai harapan bersama, serta rasa optimis untuk mewujudkan Provinsi Riau yang berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat, dan Unggul. 

Kemudian, simbol Rantai melambangkan persatuan yang kokoh, hubungan masyarakat yang solid, kompak dan Gotong Royong yang tentunya menjadi modal dasar untuk membangun masa depan Provinsi Riau ke arah yang lebih baik. Sedangkan untuk Tanjak merupakan penutup kepala adat Melayu Riau yang berbentuk runcing ke atas sebagai kelengkapan pakaian adat baju kurung. Yang melambangkan kewibawaan seorang pemimpin dengan kepiawaian yang dimilikinya mampu mewujudkan Riau Bersatu.***







Sumber : riauaktual.com

Iklan

iklan