Iklan

Iklan

,

Disnakertrans Riau Kembali Buka Program Pemagangan ke Jepang

Admin
11/26/22, November 26, 2022 WIB Last Updated 2022-11-26T11:03:07Z

PEKANBARUINFO.COM-Setelah dua tahun vakum, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau membuka kembali pendaftaran program pemagangan ke Jepang di Riau Expo 2022.

Program pemagangan ke Jepang ini merupakan bentuk kerjasama antara Disnakertrans Provinsi Riau dengan Kemnaker RI.

"Program pemagangan ke Jepang ini kan program dari Kementrian (Kemenaker), kita cuma sebagai pelaksananya aja,"jelas Ipan, petugas Disnakertrans yang berada di stand, Jumat (25/11/2022).

Bagi yang lolos program pemagangan ke Jepang ini akan didanai Kementerian, mulai dari persiapan, seperti kursus bahasa Jepang hingga keberangkatan.

"Bisa untuk semua orang, tetapi harus sesuai dengan persyaratan yang tertera. Untuk semua biaya ditanggung Kementerian, mulai dari kursus Bahasa Jepang-nya sampai berangkat ke sana itu ditanggung semua,"katanya.

Program pemagangan ke Jepang ini merupakan program yang sudah lama ada, tetapi karena adanya Covid-19 harus berhenti selama dua tahun.

"Dari tahun-tahun sebelumnya program ini sudah ada, tapi karena Covid kemarin program ini dihentikan dulu. Baru mulai tahun ini lagi,"cakapnya.

Durasi magang ini hanya 6 bulan, tetapi bila ada penawaran kerjaan dari pihak perusahaan bisa diperpanjang jika peserta magang menginginkannya.

"Magangnya ini kalau ga salah cuma 6 bulan, tapi nanti disana misalnya pihak Jepang sana masih mau mempekerjakan kita itu terserah mereka (pemagang) mau dilanjutin. Yang jelas tanggungan kita sampai 6 bulan ke depan, lewat dari itu kita serahkan ke pihak sana lagi," jelasnya.

Tiap tahun ada ratusan orang yang mendaftar program ini, walaupun begitu, hanya puluhan orang yang lolos.

"Untuk peminat dari tahun kemarin banyak peminatnya, ratusan, tetapi yang lolos hanya puluhan,"ucapnya.

Ada tiga tahapan seleksi calon pesera magang, mulai dari pemeriksaan administrasi awal (pendaftaran), tes matematika dasar dan kesamaptaan tubuh (cek fisik).

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran program pemagangan ke Jepang, bisa langsung mengunjungi stand Disnakertrans yang ada di Riau Expo 2022.

"Pendaftaran kita buka. Sebenarnya ini masih untuk keberangkatan tahun depan, tapi pendaftaran sudah mulai kita buka duluan. Nanti ada info lebih lengkapnya lagi,"tutupnya.***





Sumber : cakaplah.com

Iklan

iklan