Iklan

Iklan

,

Pengunjung Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu Keluhkan Kotornya Tempat Wuduk

Admin
12/14/21, Desember 14, 2021 WIB Last Updated 2021-12-14T04:11:59Z

PEKANBARUINFO.COM-Para pengunjung Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rokan Hulu mengeluhkan kotornya tempat berwuduk pada masjid termegah di Riau tersebut.

Keadaan ini berbeda dengan saat masjid tersebut diresmikan hingga beberapa tahun lalu. Ketika itu tempat berwuduk di masjid yang terletak di Kota Pasir Pengaraian, ibu kota Rohul itu, sangat bersih dan wangi.

Asbinsah, salah seorang pengunjung yang berasal dari Pekanbaru, mengaku dirinya merasa sangat tidak nyaman saat masuk ke ruang tempat berwuduk di masjid tersebut.

''Beberapa tahun lalu saya ke sini bersama keluarga, tempat berwuduknya sangat bersih dan harum lagi,'' kata Asbinsah, di MAIC Rohul, Ahad (12/12/2021).

Lanjut Asbinsah, tempat berwuduk di lantai dua kondisinya lebih mengerikan lagi. Bahkan dia mengaku hampir muntah saat masuk ke ruang tempat berwuduk di lantai 2 itu.

''Lobang toiletnya sepertinya sudah lama tidak disiram. Penampakan dan aromanya sangat mengerikan. Hampir muntah aku dibuatnya,'' ujar pria itu.

''Karena tempat berwuduk di lantai 2 mengerikan, pindahlah aku ke lantai bawah. Ternyata, tidak bersih juga, tapi agak mendinglah dibanding dengan di lantai 2 tu,'' sambungnya.

Asbinsah menyayangkan, masjid yang merupakan ikon Rohul dan salah satu destinasi di Rohul yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai provinsi tersebut, tempat berwuduknya dibiarkan kotor.

''Ini kan masjid, tempat berwuduk jelas merupakan bagian terpenting. Pengelolanya seharusnya menjamin tempat berwuduk tersebut selalu bersih,'' harapnya.

Tempat berwuduk perempuan ternyata sama kotornya dengan tempat berwuduk pria. Hal itu diungkapkan Aini, pengunjung asal Pekanbaru.

''Luar biasa kotornya tempat berwuduknya. Padahal, sekitar 6 tahun lalu kami ke sini, tempat berwuduknya sangat bersih dan harum,'' ujarnya, di MAIC Rohul, Ahad (12/12/2021).

Pantauan Goriau.com, Ahad (12/12/2021) siang, kondisi tempat berwuduk pria di lantai 2, persis seperti yang diungkapkan Asbinsah. Sangat kotor dan berbau busuk. Pintu kamar toiletnya sudah lepas dan toiletnya pun tidak bisa digunakan.
 
Sementara tempat berwuduk laki-laki di lantai bawah juga terlihat kurang bersih. Ember dalam kamar toilet ada yang sudah pecah dan gayungnya bolong.

MAIC Rohul yang terletak di Jalan Komplek Perkantoran Pemda Rokan Hulu Kota Pasirpengaraian ini mulai dibangun tahun 2008, saat Achmad menjabat Bupati Kabupaten Rokan Hulu. Masjid ini diresmikan pada 6 Agustus 2010.

Menurut laman resmi Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, MAIC Rohul ini berdiri di atas lahan seluas 22 hektare dengan luas bangunan 15.800 meter persegi.***


Sumber : GoRiau.com

Iklan

iklan