Iklan

Iklan

,

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang, Ini 3 Kabar Terbarunya

Admin
10/04/21, Oktober 04, 2021 WIB Last Updated 2021-10-04T12:54:56Z

PEKANBARUINFO.COM-PPKM luar Jawa-Bali diperpanjang dan pengumumannya sudah disampaikan oleh pemerintah. Ada beberapa kabar terbaru yang perlu diketahui warga.
Di PPKM luar Jawa-Bali, pemerintah mengumumkan enam daerah yang masih menerapkan PPKM level 4. Sementara itu, jumlah daerah yang menerapkan PPKM level 3 pun bertambah.

PPKM Luar Jawa-Bali: Diperpanjang Selama Dua Pekan

Dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan PPKM luar Jawa-Bali diperpanjang dua minggu, yakni 5 Oktober-18 Oktober 2021. Dalam perpanjangan PPKM kali ini, Airlangga melaporkan masih ada enam daerah yang berstatus PPKM level 4.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali diusulkan untuk 2 minggu ke depan, yaitu 5-18 (Oktober) dengan cakupan adalah 6 kabupaten/kota, sebelumnya 10 kabupaten/kota," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Enam daerah yang dimaksud ialah:
  • Kabupaten Pidie, Aceh
  • Kabupaten Bangka, Bangka Belitung
  • Kota Padang, Sumatera Barat
  • Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara
  • Kota Tarakan di Kalimantan Utara
Menurut Airlangga, daerah tersebut belum mencapai target vaksinasi yang ditentukan. Hal lainnya disebabkan oleh testing yang masih terbatas atau ada kenaikan sedikit positivity rate walaupun level-level tersebut sebelumnya lebih rendah dari yang ada.

Kali ini, di masa perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali, jumlah daerah yang menerapkan PPKM level 3 berkurang. Tren positif juga ditunjukkan sejumlah daerah.

"Sedangkan PPKM level 3 di 43 Kabupaten/Kota, ini perbaikan dari sebelumnya ada 108. Dan PPKM level 2 meningkat 292 kabupaten/kota dari 249 sebelumnya," ucapnya.

Lantas, bagaimana dengan daerah yang menerapkan PPKM level 1? Daerah PPKM luar Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 1 bertambah menjadi 44 kabupaten/kota. Sebelumnya, jumlah daerah yang terapkan PPKM level 1 hanya 18 kabupaten/kota.

PPKM Luar Jawa-Bali: Vaksinasi Masih Rendah

Airlangga juga menyinggung soal rendahnya capaian vaksinasi di beberapa wilayah. Di masa PPKM luar Jawa-Bali ini, dia menyebutkan vaksinasi di 8 kabupaten/kota masih di bawah rata-rata, yakni di bawah 45%.

Sementara itu, vaksinasi untuk lansia di 7 kabupaten/kota masih di bawah target nasional yakni 30%. Melihat hal itu, pemerintah bakal menggencarkan vaksinasi khususnya di wilayah PPKM luar Jawa-Bali.

"Target pemeriksaan tercapai di 7 kabupaten/kota, 3 kabupaten/kota yang tidak mencapai adalah Aceh Tamyang, Pidi, dan Bulungan. Sedangkan vaksinasi di 8 kabupaten/kota di bawah rata-rata atau di bawah 45% dan juga yang terkait dengan capaian vaksin lansia di 7 kabupaten/kota masih di bawah nasional atau di bawah 30%," tutur Airlangga.***




Sumber : detik.com

Iklan

iklan