Iklan

Iklan

,

Pemprov Riau Bantu Anggaran Pembeliaan Kendaraan Operasional Desa, Setiap Desa Dapat 2 Motor

Admin
5/02/24, Mei 02, 2024 WIB Last Updated 2024-05-02T01:44:10Z

PEKANBARUINFO.COM-Tahun ini, Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau akan menyalurkan anggaran pembelian kendaraan operasional berupa motor kepada desa-desa. Setiap desa akan mendapat jatah dua motor dengan anggaran Rp45 juta.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto menjelaskan bahwa bantuan dana ini berasal dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) APBD Riau tahun 2024. Proses pengadaan kendaraan tersebut akan dilakukan langsung oleh pemerintah desa masing-masing.

"Tahun ini Pemprov Riau memberikan anggaran untuk pembelian kendaraan operasional bagi desa. Total anggarannya Rp45 juta per desa," ujarnya pada Rabu (1/4).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk membeli dua unit sepeda motor. Satu unit akan diperuntukkan bagi kepala desa, sementara unit lainnya untuk Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

“Jadi sepeda motornya nanti ada dua, satu untuk kepala desa dan satu untuk BPD. Mereka yang akan membeli sendiri sendiri kendaraannya, tidak difasilitasi oleh Pemprov maupun Pemkab,” sebutnya.

"Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Indeks Desa Membangun (IDM), namun besaran bantuannya akan disesuaikan dengan klasifikasi BUMDes," katanya.

Dengan demikian, bantuan yang diberikan akan berbeda-beda sesuai dengan klasifikasi BUMDes masing-masing.***

Iklan

iklan