Iklan

Iklan

,

Tiga Penalti Kalahkan Yordania, Hantar Qatar Juara Piala Asia 2023

Admin
2/11/24, Februari 11, 2024 WIB Last Updated 2024-02-11T00:52:36Z

PEKANBARUINFO.COM-Qatar mempertahankan gelar juara Piala Asia 2023, setelah mengalahkan Yordania di laga final dengan skor 3-1, Sabtu (10/2/2024) di
Stadion Lusail. Semua gol tuan rumah tercipta melalui tendangan pinalti.

Berlangsung di Stadion Lusail, Sabtu (10/2/2024) malam WIB, Qatar memperoleh peluang bagus di menit ke-7 lewat Akram Afif, namun tembakan chipnya mampu digagalkan kiper Yordania, Yazeed Abulaila.

Qatar mencetak gol yang membuat mereka unggul 1-0 melalui gol Akram Afif pada menit ke-22 dari titik penalti. Pasukan Tintin Marquez mendapat hadiah tendangan dari titik putih. Striker Al Sadd ini berhasil memperdaya kiper Yazeed Abulaila dan membawa timnya memimpin 1-0. Skor 1-0 untuk keunggulan Qatar bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Yordania terus berupaya mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Upaya mereka menemui hasil pada menit ke-67 berkat gol Yazan Al Naimat.

Pemain Al Ahli ini dengan gemilang berhasil menerima umpan dari sayap kanan yang dikirim Ihsan Haddad dengan kaki kiri. Dengan kaki yang sama dia kemudian menendang bola dan menaklukkan kiper Meshaal Barsham. Skor pun menjadi imbang 1-1.

Namun, skor imbang ini tak berlangsung lama. Qatar kembali unggul berkat gol Akram Afif dari titik penalti pada menit ke-73. Wasit Ma Ning asal Tiongkok sempat melihat VAR untuk memastikan penalti ini.

Afif kembali menjadi eksekutor dan untuk kedua kalinya tembakannya terbaca, namun tak mampu dihalau Abulaila untuk membawa Qatar memimpin 2-1.

Afif berusaha mencetak hat-trick pada menit ke-83 lewat tendangan bebas, namun upayanya ke sudut kanan gawang Yordania berhasil ditepis oleh Abulaila. Baru di menit ke-90+5 upayanya itu membuahkan hasil.

Pelanggaran Abulaila terhadap Afif membuat wasit menunjuk titik putih usai mengecek tayangan ulang di pinggir lapangan. Afif yang kembali maju sebagai penendang kini berhasil mengecoh Abulaila.

Skor 3-1 bertahan hingga usai. Ini menjadi gelar kedua secara beruntun bagi The Maroons usai meraih yang pertama pada edisi 2019.***

Iklan

iklan