Iklan

Iklan

,

Besok, Pendaftaran Beasiswa Pemko Pekanbaru Dimulai

Admin
2/29/24, Februari 29, 2024 WIB Last Updated 2024-02-29T11:17:52Z

PEKANBARUINFO.COM-Pendaftaran penerimaan beasiswa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun anggaran 2024, dimulai besok, Jumat (1/3/2023).

Bagi mahasiswa yang memiliki KTP Pekanbaru, sudah bisa mengajukan permohonan beasiswa mulai besok.

"Pendaftaran tidak ada perubahan, besok buka tanggal 1-24 Maret," ujar Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Tri Sepna Saputra, Kamis (29/2/2024).

Putra menyebut, pihaknya telah mengumumkan jadwal pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan beasiswa Pemko Pekanbaru.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi agar masyarakat atau mahasiswa tahu bahwa pendaftaran beasiswa sudah diumumkan.

"Kita sudah umumkan, untuk pendaftaran beasiswa pemko Pekanbaru akan dibuka mulai 1-24 Maret," Cakapnya.

Dikatakannya, beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Pekanbaru yang memiliki KTP Pekanbaru. Mereka juga harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan untuk mendapatkan bantuan pendidikan tersebut

Ia menyebut, syarat untuk penerima beasiswa itu masih sama dengan beasiswa tahun 2023 lalu. Mahasiswa dapat melihat pada Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 147 Tahun 2023 Tentang Standar Operasional Prosedur Sistem Seleksi dan Verifikasi Calon Penerima Beasiswa Pemko Pekanbaru.

"Mahasiswa program D3 dan S1 yang mengikuti pendidikan pada perguruan tinggi di dalam/luar daerah. Kemudian mahasiswa adalah warga Kota Pekanbaru yang memiliki KTP Kota Pekanbaru," sebut Putra.

Selanjutnya mahasiswa tidak berstatuss PNS/CPNS/TNI/POLRI/Karyawan BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta. Mahasiswa jenjang D3 batas maksimal semester 5 dan untuk jenjang S1 batas maksimal semester 7.

Sementara bagi mahasiswa berprestasi akademik, minimal IPK 3.60 dan bagi mahasiswa kurang mampu minimal 2,50. Sedangkan mahasiswa berprestasi di non akademik akan dihitung berdasarkan prestasinya di bidang yang ditekuninya.

Apabila sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka mahasiswa dapat mengajukan berkas permohonan beasiswa mulai 1 Maret 2023. Setelah pengajuan, pihak Pemko Pekanbaru akan melakukan verifikasi dan seleksi hingga akhirnya menentukan penerima beasiswa.

"Kita berharap ini dapat memotivasi mahasiswa Pekanbaru baik yang kuliah di Kota Pekanbaru ataupun sedang kuliah di luar Pekanbaru," harapnya.

Perlu diketahui, pada tahun ini Pemko Pekanbaru menyediakan Rp1,9 miliar untuk beasiswa. Beasiswa yang akan diberikan terbagi dalam tiga kategori, yakni kategori beasiswa kurang mampu, prestasi akademi dan prestasi non akademik.***







Sumber berita : cakaplah.com

Iklan

iklan