Iklan

Iklan

,

Ups, Gajah Liar Melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Admin
11/20/23, November 20, 2023 WIB Last Updated 2023-11-20T15:30:36Z

PEKANBARUINFO.COM-Video seekor gajah Sumatera melintasi jalan Tol Pekanbaru-Dumai viral di media sosial. Gajah liar tersebut adalah gajah jantan bernama Getar.
Dari video yang diterima detikSumut, gajah dewasa itu terlihat melintas di Tol Pekanbaru-Dumai siang hari. Terlihat plang berwarna putih, biru serta hitam bertuliskan KM 81/ 800.

Di sebarang terlihat pohon sawit berusia sekitar 3-5 tahun. Pelan-pelan gajah mulai berjalan menuju tepi jalan tol menuju kebun sawit di seberang usai melewati barrier atau batas jalan tol.

“Kami menduga gajah yang sudah berusia 35 tahun itu bergerak ke kantong Gajah Giam Siak Kecil untuk kawin,” kata Ujang, Senin (20/11/2023).

Lanjutnya, kawasan Tol Permai tepatnya di KM 76 dan 81 memang merupakan perlintasan Gajah sehingga pihaknya telah membuat 4 terowongan untuk satwa tersebut.

“Namun memang tak jarang juga, Gajah kerap melintas di badan jalan. Tercatat sudah lebih dari 3 kali satwa itu melintas di Tol Permai,” ungkapnya.

Gajah Getar sendiri biasa melintas secara mandiri dari kantong gajah Giam Siak Kecil ke kantong Balai Raja. Lokasi itu memang lokasi perlintasan gajah selama ini.

"Lokasi itu lintasan gajah. Untuk Getar ini juga melintas sendiri makanya tidak bisa kita pantau, biasanya nempel ke gajah betina bernama Seruni yang kita pasang GPS collar lokasi perlintasan kan di KM 73-81," tegas Ujang.

Hasil pengecekan gajah melintas dari arah kantong gajah Giam Siak Kecil menuju ke kantong gajah Balai Raja. Saat ini, gajah yang diperkirakan berusia 31-35 tahun itu berada di Balai Raja.

"Posisi sekarang di Balai Raja. Kalau gajah Seruni masih di GSK dan Getar terus jalan bergerak secara acak. Bisa jadi dia sedang bergerak ke kelompok lain," kata Ujang.***

Iklan

iklan