Iklan

Iklan

,

Charles III Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris

Admin
5/06/23, Mei 06, 2023 WIB Last Updated 2023-05-06T12:43:48Z


PEKANBARUINFO.COM-Raja Charles III resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris, Sabtu (6/5/2023). Penobatan Putra Ratu Elizabeth II itu digelar di Gereja Westminster Abbey.

Istri Raja Charles III, kini resmi menjadi Permaisuri Ratu Inggris pertama dalam sembilan dekade terakhir

Dilansir BBC, Sabtu (6/5/2023), Raja Charles III mengisi posisi yang ditinggalkan Ratu Elizabeth yang meninggal dunia pada September tahun lalu. Charles III berusia 74 tahun ketika dinobatkan menjadi raja

Charles III menjadi raja Inggris tertua yang mengenakan Mahkota St Edward berusia 360 tahun di kepalanya dalam upacara penobatan yang berlangsung di Westminster Abbey, London.

Dia menjadi penguasa Kerajaan Inggris ke-40 yang dimahkotai di Westminster Abbey sejak tahun 1066.

 Reuters melaporkan puluhan ribu anak muda dan orang kalangan sudah berumur, dari Inggris dan seluruh dunia, memadati pusat kota London pada Sabtu (6/5/2023). Mereka berkumpul karena tertarik menyaksikan sebuah momen bersejarah.

Sejak dini hari, orang-orang berbusana merah, putih dan biru serta memegang bendera kebangsaan Union Jack berbaris di jalan-jalan guna menyaksikan detik-detik penobatan Raja Charles.

Ini adalah acara penobatan raja yang pertama terjadi di Inggris dalam kurun 70 tahun terakhir yang akan dimeriahkan atraksi megah dan arak-arakan massal.

Antonina Strain (53) yang datang jauh-jauh dari Toronto Kanada bersama adiknya Yvonne Havery, mengaku lahir di London dan mudik untuk menyaksikan penobatan sang raja adalah kesempatan sekali dalam seumur hidup.

"Saya tak bisa membayangkan Inggris Raya tanpa raja. Itu tertanam dalam jiwa negara ini," ujarnya.***

Iklan

iklan