Iklan

Iklan

,

Peneliti Temukan Puluhan Mumi Kucing di Sekitar Makam Firaun Userkaf

Admin
4/24/23, April 24, 2023 WIB Last Updated 2023-04-24T16:30:00Z

PEKANBARUINFO.COM-Peneliti berhasil menemukan puluhan mumi kucing dan ratusan patung kucing yang terbuat dari kayu di dekat kompleks pemakaman Firaun Userkaf.

Pemakaman ini terletak di dekat ditus Saqqara di Mesir. Arkeolog kini sedang mensortir tahun asal dari tiap temuan tersebut, dan mereka menduga antara 717 SM dan 332 SM, kompleks ini digunakan untuk mengubur kucing.

Selain patung-patung kayu kucing yang ditemukan dihiasi dengan tangkai emas, Kementerian Kepurbakalaan Mesir menyatakan bahwa patung Bastet, dewi Mesir, yang terbuat dari perunggu, juga berhasil ditemukan di sana.

Dewi Bastet diketahui memiliki berbagai macam kekuatan di dalam mitologi Mesir Kuno. Ia adalah dewi yang menjaga dan mengusir ancaman jahat dan juga dewi yang diasosiasikan dengan musik.

Situs ini memang dikenal dengan artefak-artefaknya. Penemuan-penemuan sebelumnya mengungkapkan banyak artefak lain, mulai dari patung singa, sapi, buaya, dan peninggalan kuno lainnya.

Selain artefak patung, terdapat penemuan papirus yang memuat bab dari Kitab Kematian dan mumi manusia.

Penggalian masih terus berlangsung, penentuan asal tahun penemuan-penemuan ini berasal akan memakan beberapa waktu sebelum hasilnya keluar.

Beberapa dari ukiran dan makam mungkin berasal dari dinasti kelima atau keenam yang bermula antara 2465 SM dan 2150 SM***




Sumber : cakaplah.com

Iklan

iklan