Iklan

Iklan

,

Gempa M 7,8 Guncang Turki dan Suriah

Admin
2/07/23, Februari 07, 2023 WIB Last Updated 2023-02-06T17:01:00Z

PEKANBARUINFO.COM-Gempa bumi magnitudo (M)7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2923) sudah lebih 1.200 orang.

Dikutip dari detik.com yang melansir dari AFP dan CNN, Senin (6/2/2023), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut sedikitnya 912 orang tewas akibat gempa dahsyat itu di negaranya. Erdogan dalam pernyataan terbaru juga menyebut sekitar 5.383 orang mengalami luka-luka akibat gempa di berbagai wilayah Turki.

Erdogan mengakui tidak bisa memprediksi seberapa banyak jumlah korban tewas, namun meyakini korban tewas akan terus bertambah.

Sementara televisi pemerintah Suriah menyebut sedikitnya 386 orang tewas di negara itu akibat guncangan gempa yang sama. Angka itu mencakup 239 orang di antaranya yang kebanyakan tewas di wilayah Aleppo, Hama, Latakia dan Tartus.

Itu berarti secara total, sedikitnya 1.298 orang tewas di Turki dan Suriah akibat gempa magnitudo 7,8 yang mengguncang pada Senin (6/2) dini hari, dan diikuti oleh sejumlah gempa susulan itu.

Televisi pemerintah Suriah juga melaporkan sekitar 648 orang mengalami luka-luka di Aleppo, Hama, Latakia dan Tartus. Laporan terpisah oleh kelompok Helm Putih, atau secara resmi disebut sebagai Pertahanan Sipil Suriah, menyebut 340 orang lainnya mengalami luka-luka di area-area yang dikuasai oposisi.

Sementara di Turki, Erdogan mengumumkan bahwa tim-tim penyelamat berhasil menyelamatkan lebih dari 2.400 orang dari balik reruntuhan gedung-gedung yang ambruk akibat gempa.

Ditambahkan juga oleh Erdogan bahwa sekitar 9.000 personel lainnya terus melakukan upaya-upaya pencarian dan penyelamatan saat ini. Tidak diketahui berapa jumlah orang yang tertimbun reruntuhan gedung yang ambruk.

Associated Press melansir, Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki, AFAD, mengatakan gempa dahsyat tersebut berpusat di Kota Pazarcik, di Provinsi Kahramanmaras. Gempa Turki tersebut berpusat pada kedalaman 18 kilometer (11 mil), menurut Survei Geologi AS. Gempa susulan bermagnitudo 6,7 yang kuat bergemuruh sekitar 10 menit kemudian.

German Research Centre for Geosciences (GFZ) atau Pusat Penelitian Jerman untuk Geosains mengatakan gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 km (6 mil) di dekat kota Kahramanmaras, Turki selatan.

U.S. Geological Survey (USGS) atau Survei Geologi AS mengatakan gempa itu berpusat sekitar 33 kilometer (20 mil) dari Gaziantep, kota besar dan ibu kota provinsi.

Pada tahun 1996, sekitar 18.000 tewas dalam gempa kuat yang melanda Turki barat laut.**

Iklan

iklan