Iklan

Iklan

,

Ini Dia 15 Desa Wisata Terbaik di Riau, Cocok Nih Untuk Libur Nataru

Admin
12/24/22, Desember 24, 2022 WIB Last Updated 2022-12-24T09:59:35Z

PEKANBARUINFO.COM-Dinas Pariwisata Provinsi Riau mengumumkan 15 desa wisata terbaik di Riau jelang libur natal dan tahun baru. 15 desa wisata itu sepertinya cocok untuk mengisi liburan natal dan tahun baru ini.
Pengumuman penilaian atau kurasi desa wisata dilakukan dewan juri berkompeten hari ini. Hal itu diumumkan di Desa Wisata Bangko Mukti, Bangko Pusako, Rokan Hilir.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menyebut proses penilaian desa wisata dilaksanakan sejak Agustus hingga Desember. Dari 133 desa wisata yang ada di Provinsi Riau, sebanyak 102 desa wisata ikut mendaftar dan hal itu sebagai bentuk apresiasi Gubernur Riau dalam memberi pembinaan kepada pengelola desa wisata.

"Ada 15 desa wisata yang lolos kurasi. Dilaksanakannya kegiatan Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan apresiasi dan pembinaan kepada pengelola Desa Wisata di Provinsi Riau," kata Roni saat dikonfirmasi, Jumat (23/12/2022).

Menurut Roni, kegiatan ini juga bisa untuk meningkatkan, mengidentifikasi potensi desa wisata yang bangkit dan unggul. Terutama sebagai komoditas atraksi dari produk unggulan pariwisata di Riau.

"Penilaian dilakukan secara dua tahap seleksi, hingga terjaring 15 besar desa wisata. Kami berharap 15 desa wisata ini dapat bersaing di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Nasional tahun 2023," kata Roni Rakhmat.

Berikutnya 15 Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau:
1. Juara 1, Bukit Batu Bengkalis
2. Juara 2, Bangko Mukti Rokan Hilir
3 Juara 3, Bokor Kepulauan Meranti
4. Desa wisata ungulan 1 Kategori Digital Kreatif, Rantau Langsat Inhu
5. Desa wisata kategori digital kreatif, Aliantan Rohul
6. Desa wisata unggulan 1 kategori souvenir kreatif Langgam Pelalawan
7. Desa wisata unggulan 2 Kategori Sovenir Kreatif, Mundam Dumai
8. Desa wisata unggulan 1 kategori kelembagaan, Mempura Siak
9. Desa wisata unggulan 2 kategori kelembagaan Buluh Cina Kampar
10. Desa wisata unggulan 1 kategori daya tarik, Bono Pelalawan
11. Desa wisata unggulan 2 kategori daya tarik, Teluk Dalam Inhil
12. Desa wisata unggulan 1 kategori toilet, Kampung Bandar Pekanbaru
13. Desa wisata unggulan 2 kategori toilet, Sungai Kelelawar Kuansing
14. Desa wisata unggulan 1 kategori homestay Tanjung Belit Kampar
15. Desa wisata unggulan 2 kategori homestay Tanjung Punak Bengkalis

Sebagai apresiasi, pihaknya memberikan hadiah untuk juara 1 Rp 20 juta, juara 2 Rp 15 juta, juara 3 Rp 10 juta. Kemudian, untuk kategori desa wisata unggulan 1 Rp 5 juta dan unggulan Rp 4 juta.

Adapun lima dewan juri yang mengkurasi adalah, Ketua Dewan Juri, Eni Sumiarsih dari Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Master Asesor, Osvian Putra. Ada pula praktisi di bidang kuliner, Alfa Frisa, Praktisi di bidang digital, Faqih dan juri kehormatan Kadispar Riau, Roni Rakhmat.

Baca juga: Ini Jembatan yang Jadi Ikonik Batam, Jembatan Barelang
Penentuan pemenang Apresiasi Desa Wisata Riau berdasarkan 7 kategori, di antaranya, kategori homestay, daya tarik pengunjung, digital kreatif, souvenir, toilet umum, kelembagaan desa dan kategori Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Lingkungan (CHSE).

Sementara Gubernur Riau Syamsuar turut mengapresiasi kepada 15 desa wisata yang berhasil lolos penilaian. Ia berharap kegiatan itu bisa memberikan motivasi kepada pengelola desa wisata lainnya.

"Tahniah kepada desa wisata yang telah lolos kurasi. Semoga bisa memotivasi desa di Riau lainnya," katanya.***

---

Artikel ini telah tayang di detikSumut.

Iklan

iklan