Iklan

Iklan

,

Masih 15 Tahun, Pria Asal Pekanbaru Jadi Mahasiswa Termuda di UGM

Admin
8/03/22, Agustus 03, 2022 WIB Last Updated 2022-08-03T10:51:11Z

PEKANBARUINFO.COM-Pria bernama Raja Muhammad Hayuri Islami dinobatkan sebagai mahasiswa termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ini. Raja yang berasal dari Pekanbaru, Riau, ini masih berusia 15 tahun 11 bulan 11 hari.

Dilansir dari detikJateng, Rabu (3/8/2022), Raja dinobatkan sebagai mahasiswa termuda pada rangkaian Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2022. Penobatan terhadap Raja secara simbolis dilakukan Rektor UGM Prof Ova Emilia bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dalam situs resmi ugm.ac.id, Raja mengaku senang bisa masuk UGM. Dijelaskan jika Raja masuk UGM dengan usia yang muda tidak terlepas dari riwayat pendidikannya sejak kecil.

Raja masuk SD juga dalam usia yang muda, yaitu di usia 5 tahun. Meski jadi yang termuda, Raja tidak pernah merasa terganggu.

Didukung kondisi fisiknya, kawan-kawan dari Raja tidak ada yang menyadari jika dia yang paling muda. Saat di SD Raja selalu masuk rangking tiga besar, namun prestasinya menurun saat SMP.

Di SMA raja memilih jalur akselerasi di kelas IPS dan menjadi salah satu dari tujuh orang yang lolos program tersebut. Karena jalur akselerasi, Raja menyelesaikan sekolahnya di tingkat SMA yaitu di MAN Negeri 2 Pekanbaru hanya 2 tahun.

Raja mengatakan saat di kelas akselerasi itu dirinya harus belajar lebih maksimal agar dapat lebih cepat memahami pelajaran.

"Karena program akselerasi, kita harus belajar dan memahami lebih cepat dibanding siswa yang lain. Saya waktu itu juga tidak mengikuti program ekstrakurikuler atau organisasi," kata Raja seperti dikutip detikJateng dari detikEdu.***





Sumber : detik.com 

Iklan

iklan