Iklan

Iklan

,

Skill Komunikasi Salah Satu Poin Utama Kualifikasi Perusahaan pada Job Fair 2022

Admin
7/21/22, Juli 21, 2022 WIB Last Updated 2022-07-21T12:00:00Z

PEKANBARUINFO.COM-Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi pada Job Fair Riau 2022 menyebutkan kemampuan komunikasi yang baik menjadi salah satu poin penting yang harus dimiliki para pelamar kerja.

Penyelenggaraan Bursa Kerja (Job Fair) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Provinsi Riau memasuki hari ketiga dengan ribuan pencari kerja yang telah memenuhi 30 stand perusahaan yang tersebar di Ballroom Utama Prime Park Hotel Pekanbaru, pada Kamis (21/7/2022).

Puluhan perusahaan yang ikut serta pada Job Fair 2022 ini umumnya berada di Provinsi Riau dengan beragam jenis bidang pekerjaan yang telah menjadi incaran pelamar untuk mencoba kesempatan bertemu langsung dengan recruiter perusahaan.

Adapun kriteria perusahaan terhadap pelamar kerja yang melamar ke perusahaan mereka menyampaikan bahwa kemampuan komunikasi yang baik menjadi tolak ukur perusahaan dalam melihat kelayakan pelamar saat memasukan lamaran ke perusahaan.

Rumah Sakit Prima Pekanbaru, salah satu peserta perusahaan yang mengikuti Job Fair mengatakan bahwa untuk bekerja di bidang kesehatan, mereka menitikberatkan kemampuan komunikasi pelamar kerja untuk menunjang pelayanan pasien.

“Yang paling penting mau jadi perawat, mau jadi asisten apoteker, mau dia jadi apoteker, dan lain sebagainya. Itu komunikasi. Itu yang paling penting dulu, karena namanya pelayanan tanpa komunikasi ya bakalan gimana coba. Ya bayangin aja gitu orang mau melayani pasien terus kita komunikasinya, ga bisa interaksi dengan orang, komunikasinya jelek, itu kan akan mempengaruhi bagaimana pelayanan kita”, jelas Fitra Astria selaku perwakilan Rumah Sakit, pada Kamis (217/2022).

Hal serupa juga disebutkan oleh rekrulter PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP), Pak Lee. Selain harus memiliki latar belakang teknik, katanya, pelamar juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi, terutama kemampuan berbahasa asing yang baik dan bagus.

Mengingat PT. IKPP merupakan perusahaan yang berstatus perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). Hal ini berarti PT. IKPP memiliki tenaga kerja asing yang berasal dari bermacam negara seperti: India, Cina, dan Singapura.

“Sebenarnya kita kalau bisa prefer yang bisa Bahasa Inggris ya, saat ini, soalnya boleh katakan, di Indah Kiat udah penanaman modal asing. Jadi, ada orang dari India, Cina, dari luar seperti Singapura. Kalau bisa bahasa asing enak gitu, komunikasi dan hubungan kerja itu enak gitu. Kalau tidak mereka akan ada hambatan. Sebenarnya itu basic, apalagi untuk yang teknik kan, teknik itu basicnya, apalagi dari buku yang berhubungan dengan mesin," tutur pihak PT. IKPP pada CAKAPLAH.com.

Lebih lanjut, setelah pihak perusahaan menerima berkas lamaran pencari kerja pada Job Fair ini. Mereka akan melakukan pemindaian (screening) untuk memilah pelamar yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes tahap selanjutnya.

Perlu diketahui hari ini (21/7/2022) adalah hari terakhir penyelangaraan even Job Fair. Perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta berharap Job Fair yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Riau dapat memulihkan ekonomi yang lesu dan mengurangi jumlah angka pengangguran setelah absen selama dua tahun lebih karena dampak pandemi Covid-19.***




Sumber : cakaplah.com

Iklan

iklan