Iklan

Iklan

,

Jadi Sorotan Dunia, Berikut Serba-serbi MotoGP Mandalika

Admin
3/21/22, Maret 21, 2022 WIB Last Updated 2022-03-20T17:02:00Z

PEKANBARUINFO.COM-Acara balapan internasional MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, sudah usai digelar. Miguel Oliveira muncul sebagai pemenang MotoGP Mandalika 2022.

Miguel Oliveira mengungguli pebalap lainnya, yaitu Fabio Quartararo, yang finis di posisi kedua. Di posisi selanjutnya ada Johann Zarco dan Jack Miller.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraan MotoGP Mandalika kepada masyarakat NTB dan sejumlah pihak yang mendukung acara tersebut.

"Ini sebuah event besar dari olahraga motor yang sangat luar biasa dan saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok, yang telah memberikan dukungan penuh dan juga seluruh pihak," kata Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/3/2022).

Selama acara MotoGP berlangsung, ada sejumlah peristiwa menarik yang terjadi. Berikut yang bisa kira rangkum.

Viral Aksi Pawang Hujan di Sirkuit

Hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika menjelang gelaran balap MotoGP 2022. Seorang pawang hujan, Raden Roro Istiati Wulandari, langsung beraksi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Minggu (20/3/2022), pawang hujan tersebut memakai helm putih dan mengenakan jaket berwarna merah dan hitam. Dia berjalan tanpa memakai alas kaki di tengah guyuran hujan di sepanjang Sirkuit Mandalika.


Kehadiran pawang hujan di sirkuit ini pun membuat heboh penonton yang berada di tribun. Terdengar suara teriakan dari penonton.

Aksi pawang hujan rupanya mencuri perhatian beberapa rider di paddock. Salah satunya Fabio Quartararo yang ikut menirukan aksi pawang.

Atraksi TNI AU di Langit Mandalika

Tim Jupiter Aerobatic Show Pesawat TNI AU sempat mempertunjukkan atraksi untuk memeriahkan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pejabat hadir menyaksikan manuver pesawat TNI AU itu.

Berdasarkan foto yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Minggu (20/3/2022), pesawat tim Jupiter bermanuver di langit Sirkuit Mandalika. Selain Jokowi dan Iriana, hadir di lokasi Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Wantimpres Wiranto, Gubernur NTB Zulkieflimansyah beserta istri Niken Saptarini.

Jenderal TNI AU bintang tiga juga turut serta menghibur penonton dan peserta MotoGP Mandalika. Adalah Komandan Kodiklatau (Dankodiklatau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Nanang Santoso yang langsung memimpin tim JAT di Mandalika.

"JAT turut berpartisipasi, menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika 2022, dan siap menggelegarkan ajang balap motor kasta tertinggi dunia. Kami mohon doa restu seluruh masyarakat Indonesia," tutur Marsdya Nanang.

Kehadiran The Jupiters di Mandalika merupakan instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo guna memeriahkan salah satu ajang internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

Antusias Warga 'Nobar' dari Bukit

Warga sekitar Sirkuit Mandalika tampak berbondong-bondong mendatangi bukit untuk menonton langsung MotoGP Indonesia. Saat hujan mengguyur kawasan Sirkuit Mandalika, warga sekitar masih bertahan di Bukit Rangkap untuk menonton balapan.

Pantauan detikcom, Minggu (20/2/2022), hujan deras mengguyur kawasan Mandalika. Tidak bubar, warga tetap bertahan. Orang yang membawa payung dan jas hujan lekas mengenakannya.

Bagi yang tidak membawa payung, mereka menarik jaket mereka untuk menutup kepala. Sebagian penonton juga masih bertahan untuk berteduh di terowongan.

Disorot Media Asing

Diketahui, sejumlah media asing turut menyoroti pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 atau akrab disebut MotoGP Mandalika. Perhelatan balap motor dunia dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Salah satu media yang menyoroti perhelatan MotoGP Mandalika adalah kantor berita Reuters. "Grand Prix Kembali ke Indonesia Setelah 25 Tahun Absen," demikian headline yang ditulis Reuters.

"Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Grand Prix yaitu pada tahun 1996 dan 1997. Pada Rabu (16/3) Presiden Jokowi menyambut sejumlah pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta, termasuk juara MotoGP enam kali Marc Marquez dan pemenang MotoGP 2020 Joan Mir," demikian isi dari laporan Reuters tersebut.

Kantor berita tertua di dunia, Agence France-Presse atau AFP juga menyoroti perhelatan MotoGP Mandalika. Artikel itu diberi judul "Indonesia Bangkit untuk GrandPrix Pertama dalam 25 Tahun"

"Indonesia menyelenggarakan Grand Prix sepeda motor pertamanya dalam 25 tahun," tulis AFP mengawali laporannya, dikutip detikcom pada Minggu (20/3/2022).

Perhelatan akbar MotoGP juga diberitakan Associated Press (AP). "Balapan MotoGP Akan Membawa 60.000 Penggemar ke Sirkuit Indonesia" demikian headline yang ditulis AP.

"Balapan MotoGP pertama di Indonesia dalam 25 tahun akan menarik penonton terbesar untuk acara olahraga apa pun di negara ini sejak dimulainya pandemi virus corona ketika 60.000 penggemar datang ke pulau wisata Lombok," tulis AP dalam laporan awalnya.***




Sumber : detik.com 

Iklan

iklan