Iklan

Iklan

,

Kabar Gembira! Minyak Goreng Rp14 Ribu sudah Ada di Pekanbaru

Admin
1/19/22, Januari 19, 2022 WIB Last Updated 2022-01-19T09:22:58Z

PEKANBARUINFO.COM-Minyak goreng Rp14 ribu perliter mulai hari ini, Rabu (19/1/2022), sudah tersedia di berbagai toko retail yang ada di Kota Pekanbaru. Yakni di Indomaret dan Alfamart.

Pantauan CAKAPLAH.com di beberapa toko retail, untuk minyak goreng kemasan perliter Rp14 ribu ini memang sudah tersedia. Namun untuk pembeliannya dibatasi, satu orang hanya diperbolehkan membeli 2 liter.

Hal ini sangat disambut antusias oleh masyarakat Kota Pekanbaru. Terbukti, di beberapa toko retail stok minyak ini sudah habis jelang siang hari.

"Sudah habis, tadi pagi memang ada. Tapi banyak masyarakat yang beli," ujar penjaga toko retail yang berada di Jalan Taskurun Pekanbaru kepada CAKAPLAH.com, Rabu (19/1/2022).

Ia mengatakan untuk jatah yang diberikan memang tidak terlalu banyak, makanya pembelian juga dibatasi. Hanya 2 liter setiap 1 orang.

"Stok untuk kita memang sedikit, nggak banyak," sebutnya singkat.

Asih, warga Jalan Kereta Api mengatakan, dia sudah pergi ke berbagai toko retail seperti Indomaret dan Alfamart, tapi semuanya habis.

"Saya tadi dapat info dari temen-temen kalau ada minyak murah, mereka juga udah pada beli. Makanya saya langsung ke Alfamart ini, rupanya sudah habis kata karyawannya," cakapnya.

Intan, warga Jalan Paus mengatakan jika dirinya sudah keliling ke beberapa Indomaret sejak pagi tadi untuk membeli minyak. Dan dirinya sudah mendapatkan 6 liter.

"Ini saya ke Alfamart Taskurun, rupanya sudah habis. Saya sengaja beli banyak, untuk stok. Takutnya minyak murah ini habis dan mahal lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah resmi mengimplementasikan kebijakan minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter untuk semua jenis kemasan mulai hari ini, 19 Januari 2022. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta masyarakat untuk tak melakukan panic buying atau memborong dalam jumlah besar karena pasokan dipastikan memadai.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan karena pemerintah sudah menjamin pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat," kata Lutfi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa malam.

Lutfi mengatakan,pemerintah akan menyiapkan minyak goreng sebanyak 250 juta liter per bulan. Penyediaan itu akan dilakukan selama enam bulan sehingga total pasokan mencapai 1,5 miliar liter. Kebijakan satu harga diberlakukan karena pemerintah memberi subsidi atas harga keekonomian dari produsen dan harga di pasaran.

Lutfi mengatakan anggaran untuk subsidi yang disiapkan mencapai Rp 7,6 triliun yang bersumber dari dana pungutan ekspor sawit kelolaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Dia mengatakan harga Rp 14 ribu per liter bisa mulai dinikmati konsumen yang berbelanja di retail modern anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Adapun kebijakan satu harga di pasar tradisional akan diterapkan bertahap selambat-lambatnya sepekan sejak kebijakan dimulai.***





Sumber : cakaplah.com 

Iklan

iklan