Iklan

Iklan

,

Irjen Iqbal Merasa Seperti Pulang ke Kampung Halaman

Admin
12/19/21, Desember 19, 2021 WIB Last Updated 2021-12-19T03:14:02Z

PEKANBARUINFO.COM-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penugasan baru kepada Irjen Iqbal untuk menjabat Kapolda Riau. Penugasan itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri, ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021.

Irjen Iqbal yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) merasa bersyukur dipercayakan amanat mengemban tugas sebagai abdi Korps Bhayangkara di Riau. Bagi Irjen Iqbal, bertugas di Riau seperti pulang ke kampung halaman.

"Saya bersyukur dipercaya lagi oleh Bapak Kapolri menjadi perpanjangan tangan beliau di salah satu provinsi Indonesia, yakni Riau. Bagi saya, Riau bukan daerah yang asing, saya seperti pulang ke kampung halaman," kata Irjen Iqbal kepada JPNN.com, Sabtu (18/12).

Jenderal bintang dua ini bercerita bahwa dia kali pertama bertugas di Riau setelah lulus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 2000. Ketika itu, Iqbal masih berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Iqbal berdinas di Riau selama lima tahun.

Sejumlah jabatan diembannya, di antaranya Kasatlantas di Polresta Pekanbaru, Wakapolres Dumai, serta Koorspri Kapolda Riau.

Lalu, pada 2005, Iqbal menjalani Sekolah Perwira Menengah (Sespimen) sehingga harus meninggalkan Bumi Lancang Kuning itu. Selamat lima tahun itu bertugas di Riau, kata Irjen Iqbal, dia banyak berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Alumnus Akademi Kepolisian 1991 itu bahkan mengutarakan anak keduanya, Muhammad Sulthan Al-Rizky, lahir di Kota Pekanbaru.

Jalan historis itu, kata eks Kadiv Humas Polri itu, membuat dirinya sangat kenal dan dekat dengan Riau, baik dari aspek geografis, sosial, budaya, serta masyarakatnya. "Memori saya terhadap Riau bahkan masih sangat hangat terasa," kata pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan itu.

Iqbal menegaskan bahwa sebagai insan Bhayangkara, kehormatan yang utama ialah bisa berkorban demi masyarakat, bangsa, dan negara. "Saya mengharapkan kerja samanya dengan stakeholder, terutama masyarakat Riau untuk menerima saya kembali," kata Irjen Iqbal yang akan menggantikan posisi Irjen Agung Setya Imam Effendi sebagai Kapolda Riau, itu.

Menurut Irjen Iqbal, kerja sama itu sangat penting. Hal ini mengingat Indonesia masih dalam suasana pandemi Covid-19. Mantan Wakapolda Jawa Timur ini mengatakan akan terus mengawal program pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, isu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga menjadi prioritasnya nanti ketika menjabat Kapolda Riau.***



Sumber : jpnn.com

Iklan

iklan