Iklan

Iklan

,

Pria RI Viral Ketemu Jodoh Bule Prancis karena Jadi Backpacker, Berikut Kisah Lengkapnya?

Admin
9/22/21, September 22, 2021 WIB Last Updated 2021-09-22T12:37:05Z

PEKANBARUINFO.COM-Bule Prancis ini mendadak curi atensi warganet. Dia membagikan kisah cintanya menikah dengan pria yang berasal dari Pekanbaru, Riau.
Berawal dari postingan akun TikTok @manal.ngrh, yang membagikan foto pernikahan campuran beda negara. Lewat pernikahan tersebut dia dan pria Pekanbaru itu sudah dikaruniai anak perempuan yang cantik.

"Biarkan saya menunjukkan kepada kamu tentang keluarga campuran kami 2018. Our #mixedfamily #mixedcouple #ldrstory #mixedmarriage #muslims #nikah #nikahan #marocaine #mixedbaby #cutebaby #family #fyp #pourtoi #ourlovestory," tulis akun TikTok @manal.ngrh.

Wolipop sudah mewawancarai Tri Nugroho atau akrab disapa Rino, suami dari Manal, bule pemilik akun TikTok tersebut. Rino menikah dengan bule asal Prancis yang bernama lengkap Manal Assebbane.


Pria yang lahir di Perawang, Siak, Pekanbaru, Riau itu mengungkapkan bagaimana awal kisah cintanya dengan Awal. Semua bermula ketika pada Februari 2016, ia berencana untuk backpakeran keliling Eropa sendirian. Ia pun berusaha mencari penduduk asli Eropa yang bisa ia singgahi.

"Nah sebelum berangkat ke Eropa aku coba cari beberapa relasi di Eropa melalui Facebook agar bisa menjadi teman aku ketika di Eropa nanti. Ada beberapa bule cewek atau cowok yang aku temukan secara random di Facebook dan aku kirim 'friend request' ke mereka. Pada saat itu Manal yang paling cepat menerima permintaan pertemanan aku dan mulailah kami memperkenalkan diri," ungkap Rino kepada Wolipop, Jumat (17/9/2021).

Kisah viral pasangan Tri Nugroho dan Manal Assebbane. Foto: Dok. pribadi Rino.
Baca juga: Viral Berawal dari Backpacker, Pria Pekanbaru Ini Sukses Nikahi Bule Prancis
Awal Rino Bertemu Manal
Rino menuturkan jika satu minggu kemudian keduanya berteman di Facebook. Ia pun menjelaskan pada Manal mau berkunjung ke Paris dalam waktu dekat. Dan dia meminta izin untuk menginap di tempat tinggal Manal untuk menghemat budget. Dan Manal memberi izin.


"Bulan April 2016 aku tiba di Paris dari Amsterdam naik bus dan dia menjemput aku di terminal. Saat itu kami sangat bahagia sekali ya karena bisa bertemu secara langsung dan Manal mengajak aku ke banyak tempat yang sangat bagus dan romantis di Paris," kenang Rino.

Setelah satu minggu di Paris, Rino kembali ke Indonesia. Empat bulan kemudian Manal yang datang untuk berlibur ke Indonesia dan Rino pun menemaninya travelling ke berbagai kota di tanah air.

"Aku mengajak dia untuk bertemu di Jakarta dan berjanji membawa dia traveling ke beberapa kota di Indonesia. Selama sebulan penuh aku menemani Manal di Indonesia dan kami sudah mengelilingi Jakarta, pulau Bali, Yogyakarta, dan Bandung," tuturnya.

Menurut Rino, Manal adalah sosok wanita yang baik, selalu mengerti dengan situasi dan perasaannya. Wanita itu juga sosok yang penyayang dan bertutur kata lembut.

"Orangnya sangat pekerja keras dan kreatif sekali. Suaranya lumayan bagus ketika bernyanyi dan dia sangat menyukai sekali lagu dangdut. Tetapi dia lumayan penakut ya apalagi sosok horror yang ada di Indonesia, kalau yang di Prancis dia nggak ada takutnya," ujar Rino lagi.

Kesulitan Saat Menjalin Hubungan

Pria yang berusia 28 tahun itu mengaku kesulitan saat awal menjalin hubungan dengan Manal. Apalagi ketika harus menjalani hubungan secara jarak jauh.

"Terkadang di saat salah satu dari kami membutuhkan teman ngobrol. Tetapi salah satu dari kami malah nggak tersedia. Karena kesibukan kami sehari-hari atau karena perbedaan waktu yang lumayan jauh antar waktu Indonesia dan Prancis," terangnya.

Menjalani long distance relationship (LDR), Rino dan Manal berusaha saling percaya dan berpikiran positif. Selain itu pastinya mereka tetap setia dan jujur satu sama lain.


"Yang terpenting itu positive thinking aja sama pasangan. Walaupun dia jauh di sana percayalah bahwa pasangan kalian itu pasti setia dan tidak akan menyakiti hati kita. Dan tetaplah bersabar," tuturnya.

"Kalau bisa hal-hal atau topik pembicaraan yang bisa menimbulkan argumen itu ditiadakan dulu. Karena kalau sampai pertengkaran terjadi akan susah untuk diselesaikan selama kalian masih LDR-an," sarannya lagi.

Rino menuturkan jika keluarga Manal tidak terkejut sama sekali saat mengetahui putri mereka akan menikahi pria Indonesia. Karena orangtua Manal sudah yakin jika sang putri akan menikahi pria dari negara lain, terutama dari Indonesia.

"Karena aku sejak kecil sudah tertarik dengan Indonesia dan suka dengan keanekaragaman budaya di Indonesia," ungkap Manal kepada Wolipop.

Sedangkan dari pihak keluarga Rino mengaku ikut berbahagia. Dan pastinya memberikan restu. "Tetapi ada juga perasaan sedih karena mereka tidak dapat hadir ke Prancis untuk menyaksikan perayaan pernikahan kami," sautnya.

Rino dan Manal Menikah

Merasa Manal adalah sosok wanita yang tepat untuknya, Rino memutuskan menyatakan cintanya pada wanita Prancis itu pada 2016. Dia melakukannya seminggu sebelum Manal kembali ke Prancis setelah liburan keliling Indonesia ditemani Rino.

"Aku tembak dia karena dalam hati aku sempat bilang, wah peluang ini, mau sampai kapan lu ngejomblo. Akhirnya dia terima aku jadi pacarnya," ucapnya lega seraya tertawa.

Setelah pernyataan cinta itu, Rino dan Manal menjalani hubungan cinta jarak jauh. Pada Mei 2017, Rino memutuskan melanjutkan kuliah di Prancis agar bisa bersama-sama lagi dengan Manal. Mereka kemudian menikah pada tanggal 3 Maret 2018 di Valenciennes, Prancis.

"Dengan adat pernikahan ala Maroko karena Manal sendiri keturunan bangsa Maroko. Sempat ingin ditambah juga dengan menggunakan baju adat dari Jawa Tengah tetapi kami tidak bisa mendapatkannya di Prancis," jelasnya.

Suka Duka Pernikahan Beda Negara

Kepada Wolipop, Manal dan Rino menyebutkan suka dan duka menjalani pernikahan beda negara. Hal yang membuat Manal bahagia setelah menikah adalah, dia merasa selalu ada seseorang di sampingnya.

"Dan bisa melakukan banyak hal bersama dan kita tidak lagi sendirian. Selama menikah kami selalu menemukan hal baru setiap harinya dan kehidupan dalam pernikahan itu sangat jauh sekali dengan apa yang kami pikirkan sebelumnya," ucapnya.

"Kalau dukanya kurangnya komunikasi bisa menjadi salah satu alasan terjadinya argumen dan selisih paham. Dan kita harus berpikir bersama untuk membangun masa depan yang cerah," terang Manal.

Rino merasa bersyukur karena menemukan sosok untuk tempatnya berbagi dan memiliki pendamping yang cerdas untuk berjuang bersama. "Dukanya perbedaan bahasa, budaya dan kebiasaan terkadang bisa menjadi sumber masalah dan biangnya keributan," katnya.

"Tetapi kita harus bisa untuk selalu bersabar, biasakan untuk mengalah dan harus kuat secara mental apalagi ditambah dengan tinggal di negara lain," lanjut Rino.

Keduanya kini tinggal Conflans-Sainte-Honorine, Prancis. Setelah melahirkan putri pertamanya yang bernama Sherihane, Manal juga memilih kembali untuk kuliah online sambil mengurus anak.

"Selama pandemi kami memiliki kesempatan untuk tinggal di rumah sambil melihat pertumbuhan bayi kami secara konstan. Aku juga memiliki kesempatan untuk bergabung kursus Bahasa Indonesia secara online yang diberikan oleh KBRI Paris, malamnya aku belajar dan Rino mengasuh Sherihane," tutur Manal.

Sedangkan Rino, kegiatannya saat ini bekerja mengedit video klip musik untuk rapper Prancis sambil mengurusi bayi. Dan terkadang juga mengerjakan jadwal syuting untuk sang musisi.

Tips Menikah dengan Bule

Rino memberikan tips bagi kamu yang ingin mendapatkan pasangan bule. Menurutnya mencari pasangan bule saat ini tidak sesulit dulu semenjak sudah banyak sekali jenis dari media sosial serta aplikasi pencari pasangan.

"Kuncinya ya kita harus percaya diri aja untuk tulis komentar di foto mereka atau DM mereka kalau menemukan bule yang kalian sukai. Walau bahasa Inggris kalian tidak fasih," ujarnya.

"Karena kita juga bisa sekalian belajar bahasa Inggris dengan cara ini. Kalau bisa kita PDKTan aja dengan bule yang sudah pernah berkunjung ke Indonesia karena akan lebih mudah akrab dan menarik hatinya jika mereka sudah jauh lebih dulu menyukai Indonesia," lanjutnya lagi.

Ketika video TikToknya viral, Rino mengaku terkejut dan menerima dukungan dari warganet. Karena menikah berbeda budaya dan negara. Dan memuji paras anak keduanya yang menggemaskan.


"Ya kami juga menerima banyak sekali komentar dari netizen terutama di Instagram dan Tiktok. Komentar mereka lumayan banyak yang positif, apalagi semenjak kelahiran putri pertama kami banyak netizen yang suka dan kami sangat bahagia sekali," imbuhnya.

"Dan kami juga menerima beberapa komentar dari beberapa netizen yang telah menikah dengan bule juga dan kami masih berkomunikasi baik dengan mereka. Dan tentu saja ada juga beberapa komentar yang sangat negatif dan mencela hubungan kami tetapi kami abaikan saja. Dan tidak dimasukan ked alam hati, karena haters di mana-mana selalu ada ya dan tidak bisa dibasmi juga," tutup Rino dengan ramah.***



Iklan

iklan