Iklan

Iklan

,

Rioh TV, Tempatnya Ajang Seniman Riau Berkaya di Tengah Pandemi Corona

Admin
11/08/20, November 08, 2020 WIB Last Updated 2020-11-08T01:06:12Z

PEKANBARUINFO.COM-Sejumlah penggiat seni di Riau menghadirkan Rioh TV. Tempat berkaya seniman saat Pandemi Corona.

Wabah Covid-19 tak seharusnya menghentikan pelaku seni dalam berkarya. Meski memang cenderung lesu, namun terdapat jalan alternatif yang dapat dilakukan seniman agar karya seninya tetap bisa dinikmati masyarakat. Yakni melalui platform digital, seperti Youtube dan Instagram.

Menampung serta memfasilitasi para pekerja seni di Riau itu, pegiat seni dan wisata Riau, membuka Channel Youtube dan Instagram Rioh TV. Media sosial ini juga upaya mengajak para seniman di Riau untuk terus berkarya meski ditengah mewabahnya covid-19.

"Kita mencoba mengangkat seniman dan musisi Riau yang punya karya untuk tetap bisa berkegiatan, sehingga karya-karya mereka itu tetap bisa dinikmati masyarakat," ungkap Produser Rioh TV, Mahbub Hamdan, Sabtu (7/11/20).

Mahbub Hamdan menjelaskan, Channel Youtube dan akun Instagram yang akan menampung karya seni dari para musisi Riau itu, telah dibuat. Namun saat ini belum masuk proses upload konten video, karena beberapa konten masih dalam tahap persiapan, dan baru melakukan pengambilan beberapa video, satu di antarannya yakni video musisi lokal Pekanbaru, Daddy Rocks.

Rioh TV sengaja memilih Daddy Rocks sebagai satu di antara band perdana yang akan mengisi konten mereka di Youtube. Grup band yang digawangi oleh bapak-bapak pekerja profesional ini, akan menampilkan sedikitnya 3 lagu di Channel Youtube dan Instagram Rioh TV nantinya.

Mahbub Hamdan menuturkan, selain musik, melalui Rioh TV pihaknya pun mamstikan bakal menggali berbagai potensi Riau melalui peliputan langsung di lokasi-lokasi wisata dan kuliner Riau. Sehingga diharapkan semakin dikenali masyarakat tanah air.

"Dari Channel Youtube dan akun instagram Rioh TV, kita mau kasih tau orang kalau di Riau itu ada musisi yang punya karya, dan wisata yang tak kalah dengan Provinsi lain," ujar personil Sultanicz Band itu.

"Apalagi seluruh provinsi saat ini sedang gencar-gencarnya mengangkatkan wisata mereka. Kita ingin memperkenalkan Riau lebih dalam lagi, agar masyarakat Riau makin sadar, di tempat kita ada kok tempat-tempat wisata yang bagus, kenapa harus pergi ke Provinsi lain," imbuhnya.

Mahbub Hamdan mengaku, program mereka ini adalah langkah awal Rioh TV dalam memperkenalkan segala hal yang dimiliki Riau. Progam tersebut bakal menjadi program jangka panjang, tidak sebatas wadah penyaluran karya seni dan memperkenal wisata Riau saat pandemi Covid-19 semata.

"Kita baru perdana memulainya. Kebutulan saat wabah Covid-19. Ya, meski adanya wabah Covid-19, bukan berarti menghentikan seniman dan pelaku wisata untuk berkarya. Inilah salah satu yang kita lakukan, meski saat ini sulit menampilkan karya di depan orang banyak, melalui wadah Rioh TV karya kita tetap bisa diperkenalkan ke masyarakat," ujarnya.

Konten pertama Rioh TV rencananya perdana tayang di Youtube pada pekan ke-2 atau pekan ke-3 November 2020.

Mahbub Hamdan mengharapkan program ini dapat diterima seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau.***(arl-riauterkini)

Iklan

iklan